Sunday 18 October 2015

Adverb (Kata Keterangan)

Setelah kemarin kita membahas tentang bagaimana sifat dari kata sifat, hehehehe. Sekarang kita coba untuk membahas Adverb atau yang biasa orang bilang sebagai kata keterangan. Loh, kenapa kok disebut sebagai kata keterangan.

Nih alasanya, Kata Keterangan adalah kata yang memberikan keterangan kepada kata yang lain. Dalam hal ini, biasanya menerangkan kata kerja dan kata sifat, contoh: di sini, sekarang, mungkin, dsb. 


Di dalam bahasa Inggris, kita harus mengetahui beberapa hal berikut yang berkenaan dengan Adverb, yaitu: 
  1. Adverb membentuk verb. Sebagai contohnya adalah, terkadang beberapa orang menjawab pertanyaan, "How" dalam "How does he walk?" dengan jawaban "Quickly".
  2. Adverb biasanya dibentuk dengan menambahkan -ly pada sebuah Adjective, contoh: quick menjadi quickly.
  3. Adverb juga diguanakan untuk membentuk Adjective seperti pada contoh berikut ini. I am extremely happy. Kedudukan kata extremely pada kalimat tersebut adalah menerangkan keadaan yaitu happy.
  4. Adverb juga digunakan untuk mengungkapkan waktu atau keteraturan. Kata yang biasanya digunakan adalah tomorrow, today, yesterday, soon, never, usually, always dan yet.
  5. Beberapa Adverb bahkan diletakan di tengah sebuah kalimat. Adverb yang terletak di tengah biasanya (1) Terletak di depan Simple Present dan Simple Past (kecuali untuk be) (2) Mengikuti be pada Simple Past dan Simple Present (3) Terletak di antara kata kerja bantu dan kata kerja utama.
  6. Dalam sebuah kalimat pertanyaan, Adverb yang terletak di tengah kalimat (midsentence adverb) terletak setelah subject.
  7. Berikut ini adalah beberapa Adverb yang terletak di tengah (Midsentence Adverb), yaitu: ever, always, usually, often, frequently, generally, sometimes, occasionally, seldom, rarely, hardly ever, never, not ever, already, finally, just dan probably.

No comments:

Post a Comment