Friday 23 October 2015

Menggunakan Passive

Kemarin kita sudah mulai belajar tentang beberapa bentuk pasif yang "mungkin" akan kita temui dalam Tenses. Untuk itulah kita sekarang belajar untuk menggunakanya. Perhatikan contoh berikut ini:
  1. Rice is grown in Semarang.
  2. Our house was built in 1990.
  3. This olive oil was imported from Franc.

Dalam kalimat tersebut diketahui setelah form be+past participle tidak menggunakan by phrase, karena mengingat kurang begitu pentingnya siapa yang melakukan kegiatan tersebut. Perhatikan kalimat nomor (1), sebenarnya kalimat lengkap berbunyi Rice is grown by people in Semarang, tetapi karena mengingat bahwa penempatan by people tidak begitu mengubah artinya maka tidak perlu dilakukan penambahan by phrase.

Contoh yang lain penggunaan Passive:
  • Life on The Missisipi was written by Mark Twain
Untuk contoh penggunaan passive pada kalimat di atas maka by phrase sangat diperlukan untuk mengikutinya, karena mempengaruhi arti kalimat itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan Passive yang lain:
  1. My aunt made this rug. (active)
  2. This rug was made by my aunt. (passive)
Pada kalimat di atas adalah jika kita mengetahui siapa yang melakukan kegiatan, biasanya lebih pada penggunaan kalimat aktif. Dan penggunaan kalimat pasif adalah saat ada penekanan (focus attention) pada subject kalimat.

Jadi bisa diambil kesimpulan sebagai berikut:
  1. Passive tidak menggunakan by phrase jika tidak mempengaruhi isi dari kalimat tersebut.
  2. Bisa dikatakan penggunaan Passive adalah jarang dilakukan, itupun kalaupun ada focus attention terhadap subject dari kalimat

No comments:

Post a Comment